Motor Ducati Rp 2 M Pasang SC Project Rp 66 Juta, Bongkar-Pasang Spesial

Ducati Panigale V4R tipe tertinggi di jajaran superbike Panigale punya harga Rp 2 miliar dan kini pasang SC Project Italia

Knalpot SC ini sendiri 100% titanium tipe SC Project S1-GP yang harganya Rp 66 juta. Bener-bener motor hedon jadinya.

Ngomongin soal Ducati Panigale V4R, spesifikasinya spesial banget. Fairing-nya aja bersayap, seperti yang dipakai di MotoGP. Suspensi & damper bawaan sudah Ohlins, Terus, pengeremannya pakai Brembo.

Pasang SC Project di Ducati Panigale V4R butuh proses. Kita mesti lepas part sana-sini .

Soalnya Ducati Italia udah membuat part-part-nya terpasang “pack” jadi satu, jadi kalau mau pasang knalpot, misalnya, kita mesti lepas fairing dulu. Kita juga buka dulu bagian buritan, jok, untuk lepas tangki bensinnya.

Setelah part-part fairing mulai bisa dilepas, kelihatan deh otot-ototnya V4R. Termasuk di dalamnya, jalur-jalur udara dan jalur cairan pendingin buat radiator.

Ngomongin sedikit soal fairing Ducati Panigale V4R yang bertuliskan “Ducati Corse” ini. Harganya bisa sampai puluhan juta. Kenapa? Salah satunya karena kalau kita balik Guys, kelihatan kalau materialnya adalah carbon.

Bilah-bilah besar ini didesain menutup rapi area mesin termasuk selang-selang dan kabel-kabelnya. Meskipun kalau fairing-nya dibuka ck ck ck, tetep ganteng juga sih Si V4R ini.

Karena kita mau lepas radiator juga, mau enggak mau air radiator mesti keluar dulu Guys. Air radiatornya ini sendiri beda, udah dibuat khusus sama Ducati, jadi mesti dapat dari sana juga.

Secara bertahap, knalpot standar bisa dilepas, mulai dari katalis-nya yang jadi satu sama pipa knalpot kanan. Baru setelah itu kita lepas radiator.

Berapa ya bobot knalpot SC Project? Nah menarik banget nih kalau dibandingin. Berat satu set knalpot standar Ducati Panigale V4R itu adalah 12,075 kilogram.

Sementara, SC Project muffler S1-GP yang 100 persen titanium dengan sistem 4-2 inicuma 3,47 kilogram. Diet ketaaaatt, Guys! Dietnya hampir 9 kilogram.

Gimana hasilnya? Motor yang punya tagline “Pure Racing Adrenaline” ini galak. Apalagi kalau ditelanjangin plus buka tutup dry clutch-nya. Wiih-wiih-wiiih….

Mau?

Kontak
DUNIAMOTORCOM
Jakarta Garden City
Rukan Avenue #8055
Cakung, Jakarta Timur
13910
Senin – Jumat : 09.00 – 17.00
Tlp: 021 2246 6076
0818 CALL DM (2255 36)
0818 HALO DM (4256 36)
Line ID: @duniamotorcom

Yamaha Bikin Motor Klasik Modern XSR 155, Tahun Depan Ready

Motor retro classic di era custom kini pilihannya makin menjadi-jadi. Satu lagi yang baru adalah Yamaha XSR 155.

Bentuknya memang aneh jika itu adalah penilaian bahwa komposisi desainnya tidak lazim dibanding motor custom classic. Soalnya, warnanya saja silver ibarat logam mentah, khas industrial.

Itu dipadu dengan susunan lampu bundar, gaya naked, dan jok klasik warna cokelat. Tapi bagian bawahnya begitu rapat dengan pelindung atau tameng mesin yang menonjolkan kesan besi.

Makanya Yamaha bilang kalau motor ini mengusung konsep “Born to be Free” dengan refleksi dari nilai kreativitas tanpa batas.

Model tangkinya disebut Drip-Shaped tetapi diklaim mampu mendukung kenyamanan saat berkendara. Desain lampu depan dan belakang berbentuk bulat, tetapi teknologinya LED modern.

Sisi modern lainnya bisa dilihat dari keberadaan Full LCD Digital Speedometer dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).

Sementara pada bagian kaki-kaki, All New XSR 155 sudah mengadopsi suspensi Up Side Down dan difokuskan untuk meningkatkan handling saat berkendara.

Ban-nya berjenis dual purpose yang dirancang untuk mobilisasi di berbagai kondisi jalan dengan ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang.

Di sektor jantung pacu, All New XSR 155 memakai mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4 langkah berpendingin cairan berteknologi VVA dan menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw/10.000 rpm dan torsi sebesar 14,7 Nm/8.500 rpm.

Ada juga Assist & Slipper Clutch yang tujuannya membuat kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih halus.

Kalau suka, dia punya dua pilihan warna, yaitu Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance. Harganya di angka Rp 30 jutaan.

 

Mau?

Kontak
DUNIAMOTORCOM
Jakarta Garden City
Rukan Avenue #8055
Cakung, Jakarta Timur
13910
Senin – Jumat : 09.00 – 17.00
Tlp: 021 2246 6076
0818 CALL DM (2255 36)
0818 HALO DM (4256 36)
Line ID: @duniamotorcom

Yamaha Ikut Luncurkan Trail 150 cc, Mesin Lebih Gede Sedikit

Yamaha sudah lama ditanya kapan ikut meluncurkan trail. Akhirnya, di penghujung 2019 mereka melepas tiga motor sekaligus, termasuk trail dengan nama WR 155R.

Ikut main di pasar motor 150 cc, tetapi tentu lebih besar sedikit. Sebab, Yamaha punya standar mesin bukan 150 cc, tetapi 155 cc di lini motor mereka.

Kalau pertanyaannya apakah mesinnya sama persis dengan yang lain? Yah lebih kurang model-modelnya serupa. Tapi pastinya setting-nya beda.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing membua mesin 4-tak berteknologi VVA ini punya daya 12,3 KW/ 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,3 Nm/ 6.500 rpm. Mesin yang ditawarkan lebih besar dan punya daya lebih besar dari rival sesama Jepang.

Lalu untuk suspensi depan, Yamaha WR 155R mengaplikasikan tipe suspensi teleskopik yang panjang, dengan ukuran diameter besar mencapai 41 mm sehingga difokuskan untuk lebih nyaman saat aktivitas off road karena kemampuan daya redamnya.

Karakternya rigid untuk mengoptimalkan pengunaan motor di on maupun off road. Sementara untuk suspensi bagian belakang pakai Link Type Monocross bertekanan yang dilengkapi oli dan dapat diatur tingkat kekerasannya sesuai selera.

Ban dual purpose menempel pada velg berbahan alumunium. Sementara jenis rangkanya sendiri semi double cradle.

Speedometer LCD multifungsi dengan hazard lamp. Lalu, rem cakram dengan belakang dengan desain bergelombang (wavy double disc brake) dengan bagian depan double piston.

Pakai tangki 8,1 liter, desainnya menyatu rata dengan jok bergaya YZ series. Kenapa rata? Ini untuk memudahkan saat mengatur posisi duduk sehingga mendukung kelincahan saat bermanuver.

Harga Yamaha WR 155R yang tersedia dalam dua warna (Yamaha Blue dan Yamaha Black) dibanderol di kisaran Rp 30 jutaan.

Mau?

Kontak
DUNIAMOTORCOM
Jakarta Garden City
Rukan Avenue #8055
Cakung, Jakarta Timur
13910
Senin – Jumat : 09.00 – 17.00
Tlp: 021 2246 6076
0818 CALL DM (2255 36)
0818 HALO DM (4256 36)
Line ID: @duniamotorcom

NMAX Baru Akhirnya Luncur, Bisa Koneksi Smartphone

NMAX terbaru akhirnya luncur, Guys, setelah beberapa bulan belakangan heboh soal bocoran gambarnya. Fitur barunya buanyak bener. Bisa koneksi smartphone segala

Soal bocoran, bisa dibilang itu bahkan enggak meleset. Soalnya, NMAX terbaru punya beberapa bagian yang serupa XMAX. Mata alias lampu depan terkesan sipit. Spidometernya digital, dan fitur-fiturnya ini yang bikin ngeri.

Dia pasang LED, Smart Motor Generator supaya start halus, keyless, punya Stop & Start System, Traction Control System, Dual Channel ABS, koneksi ke Smartphone (Yamaha Motorcycle Connect), colokan untuk charging, handlebar switch control, dan suspensi tabung untuk semua tipe, termasuk tipe standar.

“No kilometer undur-undur”

 

Itu garis besarnya dulu. Soalnya “koneksi ke Smartphone (Yamaha Motorcycle Connect)” ini yang harusnya bikin heboh. Jadi, NMAX ini bisa dikoneksikan ke smartphone. Tersedia aplikasi khusus yang punya banyak fitur untuk memantau NMAX terbaru ini.

Misalnya, pagi-pagi kita nyalakan motor, kita cek dulu dong. Mau cek kondisi oli, tinggal klik aplikasinya, tinggal lihat indikasinya. Kalau warna biru, masih oke. Kalau merah, berarti harus jadi perhaian.

Begitu juga cek baterai, tinggal pencet di aplikasi. Langsung kelihatan kondisinya. Kalau oke, warnanya biru. Kalau merah, special attention.

Setelah cek kondisi, langsung berangkat. Langsung motor dinyalakan. Langsung terkoneksi rpm-nya. Kalau misalnya ada telepon, pesan, atau e-mail, akan kelihatan di spidometer, jadi kita minggir dulu.

Saat di parkiran yang padat, tinggal pencet fitur, maka kita tahu nih motornya ada di sini. Begitu pulang sampai rumah, cek kondisi jarak berapa KM, dan bensin sudah habis berapa. Pencet, langsung keluar informasi.

Garansi pun kita bisa tahu, begitu juga kapan servis pertama, mau servis di mana, mana yang terdekat dengan lokasi, bukanya jam berapa, fasilitasnya apa saja. Itu juga bisa kita tahu.

History service juga kita bisa tahu. Kalau history-nya bagus, harga jual akan lebih baik. Plus, no kilometer undur-undur.

Mau inden?
Kontak DM

DUNIAMOTORCOM
Jakarta Garden City
Rukan Avenue #8055
Cakung, Jakarta Timur
13910
Senin – Jumat : 09.00 – 17.00
Tlp: 021 2246 6076
0818 CALL DM (2255 36)
0818 HALO DM (4256 36)
Line ID: @duniamotorcom

IIMS Motorbike Expo 2019, Pesta Motor di Akhir Tahun

IIMS motor–yang udah lama enggak muncul–kini bergulir lagi dengan nama IIMS Motorbike Expo 2019, di Istora Senayan, Jakarta. Ada motor baru apa saja di sini?

Bisa lihat IG dan IGTV DuniaMotor.com. Intinya ini adalah pesta motor, terutama buat yang suka motor gaya retro-classic, custom, dan adventure. Ada 5 motor baru sampai acara semacam fashion rider dan motornya dengan nama “cat walk”.

Motor-motor BMW termasuk RnineT, familiy adventure GS, dan superbike S1000 langsung menyapa waktu kita masuk di selasar kanan. Pamerannya memang digelar di selasar lantai 2 lalu turun ke lanta 1 untuk lihat aksesori dan apparel plus tempat makan, termasuk foodtruck.

Habis BMW ada Vespa, Peugeot, Lambretta, juga Triumph, Benelli, Honda dan Yamaha, Cleveland, Husqvarna dan KTM, serta sederet brand motor listrik seperti Gesits dan Selis.

Bahas motor baru, KTM di bawah PT Premium Motorindo Abadi memperkenalkan sejumlah motor trail edisi 2020. Ada special engine 250 dan 300 EXC Sixdays TPI, plus trail 4-tak KTM 250 EXCF Sixdays.

KTM 250 EXCF Sixdays, misalnya, punya subframe yang lebih panjang menjadi 40 milimeter. Desain jok juga baru. Begitu juga desain box filter dan tangki bahan bakar. Sementara pendinginan juga disempurnakan karena posisi radiator lebih rendah 12 milimeter.

Untuk harga, KTM 250 EXC Sixdays TPI dilepas Rp 154 juta, KTM 300 Sixdays TPI Rp 173 juta, KTM 250 EXCF Sixdays Rp 172 juta, KTM 250 SXF Rp 154 juta, KTM 250 SX Rp 151 juta, KTM 150 SX Rp 140,5 juta. Semuanya off-the road.

Sementara Husqvarna punya motor street scrambler Svartpilen 701. Bentuknya cenderung kotak dan mengingatkan sama tunggangan di film-film sciene fiction.

Husqvarna Svartpilen 701 yang dijual Rp 331.300.000 (off-the road) punya lampu LED, dan pakai mesin 692,7 cc bertenaga 55 kW (bore x stroke 105 x 80 mm).

Motor berbobot 161 kg (kosong) ini punya kapasitas tangki 12 liter dengan ground clearance 164 mm serta ketinggian jok 835 mm.

Geser sedikit, Benelli melepas Benelli TRK 502, TRK 251, dan model klasik Imperiale 400.

Motor adventure Benelli TRK 502 bermesin 499,6 cc tampil facelift dengan grafis dan tekstur plastik baru, versi X-nya punya switchgears handlebar baru backlit, serta velg yang diperkecil dari 19 inci menjadi 17 inci.

Mesin masih sama, 4-tak twin cylinder DOHC empat katup pendingin cairan dengan injeksi berdaya 35 KW pada 8.500 rpm dan torsi 45 Nm pada 5.000 rpm, yang dikontrol transmisi 6-percepatan.

Tangkinya 20 liter, lampu depan LED, rangka trellis suspensi upside-down lebar kaki 50 mm, dan travel 140 mm dengan monoshock di belakang. Sementara rem depan semi-floating disc ganda diameter 320 mm dengan dan kaliper empat piston, dan belakang diameter 260 mm dengan kaliper piston tunggal. Depan-belakang sudah ABS.

Terus ada Benelli TRK 251 yang kecil di keluarga Benelli TRK. Motor bermesin 249,2 cc ini menggunakan satu silinder DOHC pendingin cairan dengan injeksi dengan daya 19 KW pada 9.250 rpm dan torsi 21 Nm pada 8.000 rpm.

Rangka trellis tabung dengan suspensi upside-down dan legs ukuran 41 mm dengan travel 60 mm. Meski kecil, dia sudah pakai ABS dengan cakram depan tunggal diameter 280 mm kaliper 4 piston. ABS juga berlaku di belakang dengan cakram diameter 240 mm dan juga ABS untuk menghentikan laju roda bervelg 17 inci.

Satu lagi yang baru adalah model classic Imperiale 400. Model klasik yang membawa kembali masa Motobi 1950-an memakai mesin 400 cc satu silinder SOHC injeksi dengan pendingin udara. Dayanya 15,5 KW pada 5.500 rpm dengan torsi 29 Nm pada 4.500 rpm.

Sasisnya double cradle kombinasi pelat dan pipa baja, dihubungkan ke suspensi teleskopik dengan legs 41 mm dan travel 121 mm dan lengan ayun double shock bertravel 55 mm, serta didukung pengereman dengan cakram 300 mm kaliper dua piston dan 240 mm di belakang.

Benelli-Benelli ini dilego Rp 51 juta untuk Benelli 250 TRX, Rp 161 juta untuk Benelli 500 TRX, sementara harga si classic Imperiale 400 belum dirilis, tetapi kisarannya Rp 70 juta.

IIMS khusus sepeda motor ini digelar mulai Jumat, 29 November, sampai Minggu, 1 Desember 2019. Pameran buka pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB, dan khusus Sabtu sampai pukul 00.00 WIB.

Harga tiket Rp 25.000, tetapi ada group ticket untuk 4 orang. Harganya lebih murah, cuma Rp 75.000.

Ngomong-ngomong, kalau mau berburu promo motor BMW, Yamaha, Honda, Vespa, dan KTM di IIMS, DuniaMotor punya knalpot SC Project original Italia. Just call us.

DUNIAMOTOR
Jakarta Garden City,
Ruko The Avenue No 8055,
Cakung, Jakarta Timur
.
TELEPON
0818 CALL DM (0818 2255 36)
0818 HALO DM (0818 4256 36)
.
Line: @duniamotorcom
Email: info@duniamotor.com
http://www.duniamotor.com/

Kawasaki W175TR Gaya Scrambler, Lebih Enteng 5 Kg dari W175

 

Gatal mau punya atau bikin scrambler, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan W175TR alias scrambler versi pabrikan.

Tepatnya, dia bertipe street scrambler dengan gaya khas: tangki ramping, knalpot upswept, suspensi memanjang, dan ban dengan pola tapak multipurpose-style memberi sensasi off-road.

Model ini sebenarnya enggak benar-benar baru. Michael C Tanadhi selaku Head Sales & Promotion KMI mengingatkan bahwa dulu mereka pernah punya model serupa dari basis model klasik 250 cc.

“Ini merupakan produk yang dulu kami pernah punya, yakni Estrella 250 TR. Ini kami mengacu pada itu. TR itu semi-trail,” kata Michael C Tanadhi.

Motor yang diluncurkan di Kantor Marketing & Sales KMI di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, tanggal 28 November 2019, ini punya handlebar dengan posisi tegak sehingga tangan pengendara lebih tinggi 30 mm dari handlebar standar.

Dibanding W175, komponen mesin sama. Tapi, knalpot barunya punya performa yang fokus ke low-mid range dan disebut cocok untuk city riding, didukung sama fitur karburator sekrup udara baru yang sesuai dengan pengaturan baru.

“Punya performa yang fokus
ke low-mid range”

 

“Putaran bawah lebih enak karena knalpot banyak pengaruh. Sebab, knalpot megaphone (upswept megaphone) kan lebih ke sport. Putaran ini sampai dengan 4.500 rpm,” kata Michael C Tanadhi mengacu perbedaan dengan W175 yang menggunakan knalpot peashooter.

Forknya lebih panjang 35 mm dan shock-nya lebih panjang 27 mm. Sementara suspension stroke masih sama sehingga menambah sasis menjadi sekitar 30 mm.

“Stroke sama, inner tube yang dipanjangkan,” kata pemimpin proyek desain Kawasaki W175 series, Kozo Arai.

“W175TR lebih ringan sekitar 5 kg
dari model W175”

 

Motor yang ditargetkan akan terjual 9.000 unit setahun mengimbangi target 12.000 unit untuk gabungan W175 dan versi Cafe ini punya berat 121 kg. Artinya, W175TR lebih ringan sekitar 5 kg dari model W175.

“Lebih ringan karena tangki bensin dikecilkan jadi 7,5 liter (sementara W175 classic punya tangki 13 liter),” kata Kozo Arai.

W175TR akan hadir dalam tipe Standard dan Special Edition (SE) dengan grafis motif scrambler era 80-an.

Tipe standar tersedia dengan warna Bright White (putih), sementara tipe Special Edition (SE) tersedia dalam warna Ebony (hitam), Solar Yellow (kuning), Urban Olive Green (hijau).

Harga W175TR edisi standar Rp 29.900.000, sementara edisi SE Rp 32.300.000. Coba kamu kontak DM kalau gatal mau punya Scrambler ini.

Minat?

Kontak
DUNIAMOTOR
Jakarta Garden City,
Ruko The Avenue No 8055,
Cakung, Jakarta Timur

TELEPON
(021) 22466076
0818 CALL DM (0818 2255 36)
0818 HALO DM (0818 4256 36)
Line: @duniamotorcom
Email: info@duniamotor.com
http://www.duniamotor.com/

Resmi Punya Dealer, Ada Bocoran soal Skuter Lambretta Versi Indonesia

Lambretta yang beberapa bulan lalu muncul resmi di Indonesia akhirnya punya dealer pertama.

PT Skuter Motor Indonesia (anak usaha PT Brum Brum) selaku distributor resmi Lambretta di Indonesia meresmikan dealer pertama di Indonesia, di Jl. Ampera Raya no. 4A, Jakarta Selatan.

Dealer dengan tiga pit servis seluas 280 meter persegi ini menjadi langkah pertama. Soalnya niatnya mereka akan bikin lagi 10 dealer sampai tahun 2020.

“Dalam dua tahun, kami berencana punya 10 flagship di Indonesia. Jadi Indonesia sangat penting buat kami. Lambretta di Indonesia juga punya sejarah lama. Betapa indahnya kalau momen itu dilanjutkan lagi,” kata Walter Scheffrahn, Owner, Lambretta Worldwide, yang hadir waktu peluncuran.

Peminat skuter yang secara pasar setara Vespa–dan dari dulu pun begitu–ini pun sudah di angka ratusan.

Setidaknya, itu bisa jadi gambaran berdasarkan perkiraan jumlah inden skuter produksi Vietnam ini, yang memang masih belum semuanya sampai ke Indonesia.

Soal jumlah tepatnya, pihak Lambretta Indonesia masih tutup mulut, sekalupun sudah memberikan gambaran.

“Kalau lima puluh unit, lebih. Sampai ratusan (unit) kok,” kata Adrianus Donny, Marketing Manager PT Skuter Motor Indonesia.

Dihadiri pembeli pertama perempuan, yakni Monica Pangkey, seremoni ini juga diisi dengan bocoran informasi.

“Saya sebenarnya tidak bisa membicarakan ini karena ini merupakan rahasia perusahaan”

 

Pertama, Walter Scheffrahn selaku owner Lambretta bilang kalau dia ingin Indonesia bisa menjadi semacam basis produksi untuk Asia.

Kedua—nah, ini yang seru–Walter sudah bercita-cita alias berniat untuk membuat Lambretta versi Indonesia.

“Saya sebenarnya tidak bisa membicarakan ini karena ini merupakan rahasia perusahaan. Saya mesti bicara dengan orang-orang di level pimpinan di perusahaan kami, bahwa saya sangat ingin Indonesia menjadi hub, dan memproduksi semacam seri baru versi pasar Indonesia,” kata dia.

Lanjutan bocoran soal Lambretta versi Indonesia itu adalah produksi yang didukung low cost supplier, tetapi tetap dengan arahan desain langsung dari Italia.

“Ini tidak dalam waktu lama lagi. Setidaknya dalam 10 tahun,” ujarnya seraya bilang kalau desain Lambretta terkini cukup dapat banyak arahan dari Kepala Museum Lambretta Vittorio Tessera.

Ngomong-ngomong, kira-kira asyik gak ya Lambretta terus dipasangi SC Project, kayak Vespa. Kan sama-sama darah Italia. Haha….

Cara Setel Keras-Empuk Shock Tabung Nitrogen YSS untuk Honda ADV

 

Udah tahu, YSS punya shock tabung untuk Honda ADV? DuniaMotor.com pun pasang pakai shock YSS Red Series G-Sport.

Dilihat aja udah keren. Warnanya merah metalik. Pakai tabung nitrogen. Materialnya kokoh dan bisa disetel keras-empuk sesuai kebutuhan. Entah mau ala sport, atau mau nyaman buat harian.

Nah, pertanyaannya, bagaimana yah cara menyetel keras-empuk suspensinya? Di sini kita bahas satu-satu ya. Cara penyetelannya enggak bisa sendirian yah, Guys. Jadi ajak dulu 3-4 orang buat bantu setel suspensi.

1. Angkat sampai melayang

Pertama-tama, kita angkat roda belakang sampai ban melayang. Kalau ban melayang, nah di situ suspensi meregang. Tujuannya untuk tahu titik nol dari suspensi.

Hitung pakai meteran, antara titik sasis yang diam di atas, dan bagian yang biasanya bergerak, misalnya sumbu roda.

Jadi, betul-betul diangkat ya, jangan angkat pakai standar dua. Kalau diangkat pakai standar dua, standar itu sendiri bertumpu pada lengan ayun. Jadinya malah kasih tekanan ke shock. Ban mesti menggantung, shock mesti meregang sampai titik pol. Ukur, lalu catat.

2. Rider naik, ukur panjang per terkompresi

Turunkan roda ke tanah seperti pada posisi motor normal lalu rider naik ke motor. Posisi rider-nya mesti tegak seperti saat riding di jalan,  dan kedua kaki jangan menapak ke tanah.

Motor juga mesti tegak. Nah, supaya tegak dan imbang, motor ADV mesti dibantu dipegangin di kanan dan kiri.

Setelah itu, ukur lagi titik yang sama tadi. Ukurannya akan lebih pendek karena suspensi terkompresi. Jangan lupa untuk catat!

3. Bandingkan kedua ukuran

Bandingkan kedua ukuran suspensi tadi. Kalau mau empuk, selisih jarak antar titik mesti panjang. Selisih 3,5-4 cm udah cukup.

Kalau mau rigid buat speed, atur supaya selisihnya 2,5 cm. Jadi makin pendek selisih perbandingan, makin rigid soalnya jarak main suspensi makin sedikit.

4. Putar baut rebound di ujung shock

Di bagian ujung shock bawah ada baut untuk obeng minus. Ini untuk mengatur buka-tutup aliran oli yang berpengaruh pada rebound.

Putar titik rebound di bagian bawah shock dengan obeng. Setel ke titik nol dulu dengan cara putar ke kanan sampai mentok.

Total kliknya sendiri ada 30. Untuk tahu yang pas, putar 15 klik ke kiri untuk penggunaan harian. Kurangi jumlah klik itu jika bobot rider ringan. Begitulah, Guys…

Shock Tabung YSS Red Series G-Sport, “Obat Ganteng” buat Skutik Honda ADV

Honda ADV enggak abis-abisnya dapet “obat ganteng”. DuniaMotor.com sendiri aja sebelumnya sudah punya knalpot SC Project original Italia berbahan carbon untuk Honda ADV.

Knalpot itu udah full system, dan dibuat secara khusus. Ukurannya pas, jadi tinggal pasang. Artinya, plug and play.

Kalau mau boks buat touring, ini juga udah ready dan spesial. Ada SHAD buatan Spanyol. Ukuran boks beda-beda. Tersedia untuk belakang, kanan dan kiri, plus aksesori misalnya sandaran punggung.

Spesial? SHAD soalnya menurunkan teknologinya di sini. Misalnya, bracket-nya pakai bushing, jadinya boks-boks bisa kepegang kuat.

Satu lagi, bracket atas, samping kanan-kiri-nya juga bisa berdiri sendiri-sendiri. Soalnya, kebanyakan boks motor tidak bisa pasang di kanan-kiri tanpa bracket belakang. Tapi SHAD bisa.

Satu lagi “obat ganteng” berkualitas terbaru buat Honda ADV adalah YSS RED SERIES. Unit yang dipasang untuk Honda ADV ini adalah YSS Red Series G-Sport.

Dilihat sekilas aja tadi, pasti pada tahu kalau YSS Red Series G-Sport pakai tabung nitrogen sistem bladder.

Buat yang belum paham, tabung nitrogen sistem bladder itu di bagian dalamnya ada kantong nitrogen untuk menstabilkan dorongan oli suspensi, apalagi misalnya saat belok di jalan bergelombang. Jadinya enak pas gas.

Di per-nya juga udah ada pre-load. Jadi kalau ADV dipasangi YSS Red Series G-Sport ini, bisa diatur tingkat kekerasan pernya. Selain itu, ada juga rebound adjuster atau pengatur untuk pantulan baliknya.

Materialnya jempol lah. Soalnya yang ini enggak tanggung-tanggung. Enak banget pas dilihat. Stunning. Gampang banget bikin mata-kepala nengok soalnya dia didominasi warna merah metallic. Kalau kamu lagi nyari yang begini-begini, coba tanya ke kami.

 

Kontak:
DUNIAMOTOR
Jakarta Garden City
Rukan The Avenue No.8055,
Kec. Cakung, Jakarta 13910

TELEPON:
(021) 22466076
0818 CALL DM (0818 2255 36)
0818 HALO DM (0818 4256 36)

Line: @duniamotorcom
Email : info@duniamotor.com
http://www.duniamotor.com/

Pantang Kena Kibul… Beli Moge Kilometer Mundur

Siapa yang enggak senang. Pengin beli moge second, ada yang jual dengan kilometer rendah. Tapi cerita manis di awal ini bukan sekali dua kali berujung pada penipuan. Aduh!

Misalnya, kilometer tersebut rupanya sudah dibuat mundur, makanya terlihat muda. Kejadian baru-baru ini pun bisa menjadi contoh.

Jadi, seorang customer asal Lampung membeli Kawasaki Z900 dengan info kilometer 3.302. Dengan harga sekian, motor pun pindah tangan. Penjual saat itu menjanjikan buyback jika kilometer tidak asli. Nyatanya memang tidak asli.

Dalam sebuah pengecekan, Kawasaki Z900 itu ternyata terdata sudah menempuh jarak sekitar 16.000 km. Perbedaan kilometernya memang bikin melongo.

Intinya adalah, bagaimana ya supaya kita tidak tertipu kasus-kasus semacam ini? Soalnya, bukan cuma masalah angkanya yang berubah.

Yang paling jadi PR adalah, kita tidak tahu kalau seharusnya saat itu sudah ada part yang mesti diservis atau bahkan diganti. Bisa-bisa bukan cuma rugi uang, tapi hilang nyawa.

“Penipuan ini sendiri bertentangan dengan UU Perlindungan Konsumen”

 

Penipuan ini sendiri bertentangan dengan UU Perlindungan Konsumen tahun 1999. Di Pasal 8 ayat 1 saja, sekian poin langsung bertentangan.

“Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang (1) tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan ketentuan peraturan perundang-undangan,”

“(2) tidak sesuai dengan berat bersih, isi bersih atau netto, dan jumlah dalam hitungan sebagaimana yang dinyatakan dalam label atau etiket barang tersebut,” demikian tertulis dalam UU tersebut.

Poin berikutnya. “(3) tidak sesuai dengan ukuran, takaran, timbangan dan jumlah dalam hitungan menurut ukuran yang sebenarnya;” Kalau odometer adalah alat hitungnya, maka angkanya sudah tidak sesuai dengan kondisi kendaraan.

Demikian juga poin (4) yang berbunyi “tidak sesuai dengan kondisi, jaminan, keistimewaan atau kemanjuran sebagaimana dinyatakan dalam label, etiket atau keterangan barang dan/atau jasa tersebut;”

 

TIPS

Nah, bagaimana caranya supaya tidak kena tipu bikin hu-hi-ha-hi-hu? Silakan coba beberapa saran di bawah ini:

1. Minta kertas service record asli dari bengkel resmi

Kilometer rendah bisa saja tinggal tulis. Tapi kalau service record asli dari bengkel resmi, enggak. Datanya no tipu-tipu. Kapan motor ini servis, pasti terdata.

Sekalipun motor itu servis beberapa tahun yang lalu dan sisanya di bengkel non resmi, tetap saja angka yang tercatat saat servis terakhir di bengkel resmi bisa dilihat.

Contohnya kembali ke kasus Z900 yang viral tadi. Disebut baru 3.000-an km pada pembelian 2019, sementara sekian waktu sebelumnya saja terdata di service record sudah 15.000 km.

2. Coba tanya penjual sebelumnya

Coba tanya kepada si penjual ini dari mana dia membeli motor. Penjual yang jujur akan memberikan informasi jelas. Siap yang jualkah, alamatnya kah, dll.

Kalau dijawab enggak tahu, apalagi kalau tidak boleh lihat surat-surat terkait pindah tangan, yah mau bagaimana, sebaiknya hindari saja.

Kalau misalnya tersebut nama penjual atau gerai sebelumnya, maka coba telusuri dan korek informasi sedikit tentang kilometer moge incaran tersebut.

Kadang kala malah cukup lihat informasinya di halaman online si penjual lama. Biasanya informasi kilometer pasti akan ditunjukkan.

3. Tanya kanan-kiri soal si penjual

Penjual atau pedagang showroom kendaraan second umumnya menjaga reputasi. Sebab, itu juga yang menjadi penilaian customer.

Coba tanya kanan-kiri, teman, atau siapa pun yang pernah beli kendaraan ke penjual yang dimaksud. Reputasinya bagus apa enggak?

4. Lihat kondisi motor

Ini memang mesti teliti, Bro. Coba lihat bagian-bagian motor. Sekalipun dirapihkan atau kadang diistilahkan “di-sol”, tetap saja ada bagian-bagian yang kusam dan tidak bisa bohong soal usia.

Misalnya, coba lihat baret-baret di bodi, rangkanya, kaca spidometer, handel, jok, lampu, dan lainnya. Utamakan bagian-bagian yang umumnya jarang diganti atau part-part tetap.

Bagaimanapun, dunia motor gede mestinya menjaga aspek brotherhood. Isinya biasanya dia lagi, dia lagi. Makanya, penanganan pun mestinya juga ala brotherhood. Selesaikanlah baik-baik, toh reputasi lebih menjual.