Wow… Bocoran SENA Prototipe, Bikin Interkom Murah Jadi Canggih

Bocoran SENA prototipe? Info kelas super, Brother. Bro Ron dari DuniaMotor.com punya kesempatan langka untuk membahas benda prototipe yang bisa mengubah SENA di bawah tipe 30K jadi canggih.

 

Nah, buat yang belum tahu, produk SENA yang beredar via DuniaMotor.com kan punya banyak sekali pilihan. Pada intinya, semua SENA memungkinkan pemakai angkat telepon via helm. Semua bisa dengar musik juga via helm. Semua bisa ngobrol via helm dengan sesama pemakai SENA. Tapi bedanya, satu fitur bernama “mesh”.

“Ini belum di-launching. Mereka berencana mengeluarkan produk ini. Setelah seminar di kantor pusat di Eropa, katanya ini akan launching nanti akhir 2019. Coba tebak apa ini? Ini adalah semacam extender antena, mesh. Lebih tepatnya, mesh plus,” kata Bro Ron yang bicara langsung dari pameran sepeda motor akbar Italia, Intermot.

Apa hebatnya produk prototipe satu ini?

Mesh sendiri adalah teknologi koneksi sinyal yang bukan cuma menunggu tersambungnya pairing layaknya memakai Bluetooth. Tapi mesh serba otomatis. Sinyalnya sangat mudah tersambung. Nah, mesh untuk saat ini hanya ada di SENA tipe teratas, SENA 30K.

Menariknya, SENA mesh prototipe ini bisa menjadi fitur tambahan yang membuat SENA-SENA di bawah 30K diduga punya kemampuan yang serupa dalam hal jarak sinyal ataupun jumlah pemakai yang terkoneksi.

 

“Dengan begitu jumlah rider yang terhubung
bisa lebih banyak dari standar modul”

 

“Jadi kalau punya intercom 20S, 10S, 10C, SMH5, atau 3S, kalau pairing dengan ini, ini menjadi antena mesh. Yang artinya bisa terkoneksi ke SENA 30K. Dengan begitu jumlah rider yang terhubung bisa lebih banyak dari standar modul yang dipakai tadi,” kata Bro Ron.

Contohnya, jika kita sudah punya SENA 3S yang jarak jangkauan sinyalnya hanya dengan pembonceng, maka koneksikan SENA mesh prototipe ini via Bluetooth, dengan demikian 3S tadi bisa terkoneksi ke banyak SENA lainnya.

“Bisa terkoneksi berapa orang (dengan adanya alat ini)? Mereka enggak kasih tahu. Tapi saya dibolehkan membahasnya sedikit. Yang pasti (mereka bilang) lebih dari 5 orang. Nah bayangin, punya 3S, SHM5 (bisa manfaatkan fasilitas canggih tadi) Bahkan menurut saya, jumlah rider yang terkoneksi enggak mungkin lima, pasti ini bisa delapan,” kata dia.

 

“Dalam 30 detik semua akan terhubung.
Kalau koneksi terputus, nanti akan tersambung sendiri”

 

Perlu diketahui bahwa mesh adalah fitur yang canggih. Contohnya begini. Jika kita punya 3S, cukup tekan tombol mesh, maka langsung boom, SENA kita akan gampang terkoneksi.

“Buat yang belum tahu, koneksi untuk mesh itu gampang sekali. Dalam prinsip mesh, tidak ada yang namanya pairing. Yang ada tinggal connected. Tinggal pencet satu tombol koneksi, begitu juga rider lain. Maka dalam 30 detik semua akan terhubung. Kalau koneksi terputus, nanti akan tersambung sendiri,” kata dia.

Yang belum terbayang, kata Bro Ron, apakah ini akan berpengaruh pada penjualan SENA lainnya? Misalnya, orang lebih memilih membeli 3S saja lalu membeli ini.

“I dont know. Saya belum bisa bilang apa-apa. Intinya, SENA yang bukan tipe 30K bisa memanfaatkan teknologi mesh ini,” tutup Bro Ron.

 

HARGA SENA CEK DI SINI