Helm Racing Asli Italia Harga Rp 2 Jutaan, Airoh Valor…

Italia jadi rumah para rider lintasan. Khususnya untuk roda dua. Makanya jangan heran, segala rupa kebutuhan perlengkapan juga datangnya dan dijagokannya dari sana. Begitu juga untuk helm.

 

Mau half-face, full-face, dan segala rupa turunan desain sudah dibikin di sana. Pilihan model dan harga pun cukup luas. Tapi kalau bicara helm racing on-road, mestinya pilihannya sudah umum. Di Indonesia sendiri, rata-rata harga pilihan umum itu di atas Rp 3 juta. Kecuali satu helm bernama “Airoh”.

Brand yang juga dari Italia tepatnya di Almenno San Bartolomeo di Provinsi Bergamo itu bikin satu model di kelas harga Rp 2 jutaan. Namanya Airo “Valor”. Apa rasanya?

1. Pandangan Luas

Satu yang unik dari desain helm Airoh Valor adalah pandangan yang luas. Memang kita mesti coba sendiri. Habis itu coba bandingkan dengan helm sport lain. Visor ultra-lebar dan dirancang untuk bisa dipasangi pelapis kaca anti embun Pinlock.

Desain ruang atas dan bawah sangat lega untuk dipandang. Jadi misalnya kalau kita lagi di lampu merah yang dipasang cukup tinggi, penanda itu masih bisa kelihatan. Apalagi kalau riding jauh, langit biru bisa dinikmatin sepuas-puasnya.

2. Banyak ventilasi dan enteng

Kalau diangkat, Airoh Valor cukup fair secara bobot. Produsen menerapkan keterangan data bobot sekitar 1.400 gram di bagian belakang pelindung kepala yang menggunakan material thermoplastic HRT ini. HRT sendiri singkatan dari High Resistant Thermoplastic. Sementara kain di interiornya Hypoallergenic yang sesuai namanya dibuat untuk tidak menyebabkan alergi.

Nah, soal ventilasinya, Airoh membuat Valor punya empat titik masuknya aliran angin. Ada Front Vents atau di area mulut, Top Vents atau di area dahi, Chin Guard Vent atau di area rahang, dan Rear Exctractors atau di bagian belakang. Helm ini juga dikenal memeluk area pipi seperti yang biasa terlihat pada rider-rider MotoGP. Tapi area lainnya cukup lega.

3. Desain seksi depan, samping, belakang

Secara desain, Airoh mengoptimalkan volume ruang helm-nya. Prinsip dasar itu lalu didukung sama bentuk yang juga aerodinamis sekaligus unik dengan bagian belakang besar memipih.

Kalau lihat bagian belakangnya ini, Airoh Valor bikin ingat sama gaya aerodinamika mobil-mobil balap era keemasan Le Mans klasik. Dan satu lagi, tulisan Airoh-nya terlihat besar di bagian belakang itu (Helm itu yang seksi bagian belakangnya). Jadinya kalau terlihat dari belakang apalagi naik motor sport, tulisan di helm itu langsung bikin beda. Ibarat sebuah statement, Bro!

 

CEK HARGA DI SINI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = eight