Cara Setel Keras-Empuk Shock Tabung Nitrogen YSS untuk Honda ADV

 

Udah tahu, YSS punya shock tabung untuk Honda ADV? DuniaMotor.com pun pasang pakai shock YSS Red Series G-Sport.

Dilihat aja udah keren. Warnanya merah metalik. Pakai tabung nitrogen. Materialnya kokoh dan bisa disetel keras-empuk sesuai kebutuhan. Entah mau ala sport, atau mau nyaman buat harian.

Nah, pertanyaannya, bagaimana yah cara menyetel keras-empuk suspensinya? Di sini kita bahas satu-satu ya. Cara penyetelannya enggak bisa sendirian yah, Guys. Jadi ajak dulu 3-4 orang buat bantu setel suspensi.

1. Angkat sampai melayang

Pertama-tama, kita angkat roda belakang sampai ban melayang. Kalau ban melayang, nah di situ suspensi meregang. Tujuannya untuk tahu titik nol dari suspensi.

Hitung pakai meteran, antara titik sasis yang diam di atas, dan bagian yang biasanya bergerak, misalnya sumbu roda.

Jadi, betul-betul diangkat ya, jangan angkat pakai standar dua. Kalau diangkat pakai standar dua, standar itu sendiri bertumpu pada lengan ayun. Jadinya malah kasih tekanan ke shock. Ban mesti menggantung, shock mesti meregang sampai titik pol. Ukur, lalu catat.

2. Rider naik, ukur panjang per terkompresi

Turunkan roda ke tanah seperti pada posisi motor normal lalu rider naik ke motor. Posisi rider-nya mesti tegak seperti saat riding di jalan,  dan kedua kaki jangan menapak ke tanah.

Motor juga mesti tegak. Nah, supaya tegak dan imbang, motor ADV mesti dibantu dipegangin di kanan dan kiri.

Setelah itu, ukur lagi titik yang sama tadi. Ukurannya akan lebih pendek karena suspensi terkompresi. Jangan lupa untuk catat!

3. Bandingkan kedua ukuran

Bandingkan kedua ukuran suspensi tadi. Kalau mau empuk, selisih jarak antar titik mesti panjang. Selisih 3,5-4 cm udah cukup.

Kalau mau rigid buat speed, atur supaya selisihnya 2,5 cm. Jadi makin pendek selisih perbandingan, makin rigid soalnya jarak main suspensi makin sedikit.

4. Putar baut rebound di ujung shock

Di bagian ujung shock bawah ada baut untuk obeng minus. Ini untuk mengatur buka-tutup aliran oli yang berpengaruh pada rebound.

Putar titik rebound di bagian bawah shock dengan obeng. Setel ke titik nol dulu dengan cara putar ke kanan sampai mentok.

Total kliknya sendiri ada 30. Untuk tahu yang pas, putar 15 klik ke kiri untuk penggunaan harian. Kurangi jumlah klik itu jika bobot rider ringan. Begitulah, Guys…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *