KOMPARASI – Helm Sepeda Interkom Audio Smartphone, Pilih Sena R1 atau R1 Evo?

Musim naik sepeda makin greget dengan adanya helm yang bisa dipakai komunikasi interkom dan terhubung audio smartphone.

Ada Sena R1 dan Sena R1 Evo. Dua pilihan helm kini tersedia dan mungkin bikin bingung. Enaknya pilih yang mana ya?

Nah di sini, DuniaMotor.com mengulas mengenai perbandingan helm sepeda interkom Mesh yang baru launching di pertengahan 2020–yakni Sena R1 Evo—dengan helm sepeda interkom Bluetooth, Sena R1.

Luncur di tengah masa pandemi Corona manakala orang mengisi kegiatan dengan bersepeda, Sena R1 Evo hadir dengan keunggulan sistem komunikasi interkom jalur Mesh.

Keuntungan Mesh? Kita bisa koneksi ke goweser lain tanpa batas. Jadi jika seorang goweser terkoneksi ke teman lain dengan helm yang sama, hingga jumlah total 20-30 pengguna.

Bagaimana dengan R1? Helm ini menggunakan jalur komunikasi interkom via Bluetooth.

Bicara perangkat komunikasi, R1 maupun R1 Evo sebagai sesama helm sepeda interkom memiliki mikrofon di dekat dahi dan speaker di atas telinga kanan dan kiri.

Walaupun posisi mikrofon dan speaker berada di atas, suara tetaplah terucap jernih. Begitu juga dengan suara yang terdengar dari speakernya.

Apalagi, Sena R1 dan Sena R1 Evo sudah memiliki teknologi Advanced Noise Reduction. Dengannya, suara-suara di latar belakang tidak akan terdengar.

Sena R1 sendiri bisa terkoneksi sampai ke 2 smartphone atau HP dan bisa interkom dengan 4 goweser lain. Kita juga bisa mengontrol musik di HP dari tombol-tombol yang tersedia.

Sementara itu, R1 Evo yang harganya selisih Rp 1 juta saja sudah mendapatkan tudung topi atau visor (visor dijual terpisah bagi pengguna Sena R1), dan juga interkom, yang seperti sudah dibahas di atas, sudah bukan Bluetooth intercom, melainkan Mesh intercom.

Lucunya, helm interkom bagaimanapun selaras dengan kebiasaan para goweser belakangan ini. Dengan adanya helm sekaligus alat komunikasi, ini juga untuk mencegah para goweser yang memiliki kebiasaan gowes dengan berjajar ke samping hanya karena ingin ngobrol satu sama lain.

Dengan R1 ataupun R1 Evo ini para goweser cukup gowes berbaris ke belakang dan dengan santai ngobrol.

Lalu ada satu keunikan lain jika kita membahas R1 Evo. Helm ini sudah memakai lampu di belakang untuk keselamatan. Tiga pilihan nyala lampu tersedia, yakni statis, dan berkedip untuk siang, dan kedip malam.

Semua nyala lampu ini selain bisa ditekan manual via tombol bisa juga dikontrol melalui aplikasi smartphone (Sena Cycling App).

Water resist juga, sebab masing-masing helm yang bisa dicharge ini punya tutup karet untuk colokan isi dayanya itu.

Hujan juga terhidar karena posisi mikrofon dan speaker aman dari posisi turunnya air hujan sebab kesemua part tersebut berada di langit-langit helm.

Warna untuk Sena R1 Evo tersedia hitam dan putih. Sementara R1 memiliki pilihan warna hitam, putih, biru, orange, dan abu-abu.

Jadi pilih yang mana, R1 Evo atau R1? Pilihan dikembalikan kepada masing-masing individu. Jika terbiasa naik sepeda sendiri atau dalam grup kecil 4 orang saja, maka R1 bisa jadi pilihan.

Namun jika kerap gowes bareng dalam jumlah banyak, maka sama-sama pakai R1 Evo pasti seru banget. Kalau kamu mau banget untuk punya, silakan kontak nomor di bawah ini.

 

R1 
Rp 2.995.000

R1 Evo
Rp 3.995.000

 

DUNIAMOTOR
Jakarta Garden City,
Ruko The Avenue No 8055,
Cakung, Jakarta Timur

TELEPON
0818 HALO DM (0818 4256 36)
0818 SHOP DM (0818 7467 36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *