Dominate The Beast

Seperti apa puncak dari sebuah puncak? Definisinya bisa berarti memiliki motor langka Ducati Panigale V4R, dan menaklukkan sendiri sang “beast” di jalanan Indonesia.

Beast? Yes. Seperti sudah banyak dibahas, ia menjadi semacam versi legal jalan raya dari tunggangan tim MotoGP Ducati. Mesinnya serupa, dengan bore & stroke 81,0 mm x 48,4 mm berdaya 221 hp pada 15.250 rpm dan garis merah di 16.500 rpm.

Tampangnya juga makin gahar dengan sayap-sayap spoiler di depan–yang menurut informasi satu set-nya dibanderol Rp 26 juta. Ini bukan soal harga, tapi soal kualitas. Kualitas puncak tepatnya.

Dengan suara khas gemerincing kopling kering, Panigale V4R yang minim selip tarikan memakai sasis material aluminium sehingga makin memudahkannya melesat ketika gas dipuntir.

Terkesan gahar di luar, baik tampilan maupun suara. Namun, ia cukup ramah dikendarai.  Nah, jika bicara mengendarainya, maka tempat yang tepat adalah Sirkuit Sentul.

Bro Ron merasakan sendiri bagaimana tarikan dari Si Beast. Misalnya saja, dengan setelan di riding mode dan power mode, semburan daya memang akan terasa, tetapi sudah disetel agar menurut.

“Semburan tenaga terasa sesudah buka gas, tidak ngagetin saat buka,” ujarnya usai menggeber motor ini di Sentul, Sabtu (30/8/2020).

Keramahan lainnya, misalnya saja, tanpa tarik kopling, perpindahan gigi stabil tidak ada hentakan. Bahkan shift up tanpa tarik handel kopling, rasanya tetap mulus. Saat shift down dalam kondisi tetap tarik gas pun hasilnya demikian.

Keramahan lain yang juga disuguhkan adalah dijejalinya ia dengan sederet kemudahan pendukung aspek keselamatan.

Misalnya, Bosch Cornering ABS EVO untuk pengendalian saat belok, Ducati Traction Control (DTC) EVO 2 untuk mencegah tarikan tiba-tiba tadi,

Ada pula Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DSC), Engine Brake Control (EBC) EVO.

Intinya, semua ini membuat rider sadar bahwa kekhawatiran terpeleset akan sangat terminimalkan.

“Mengenai handling, setting suspensi bawaan pabrik terlalu empuk, jadinya goyang saat bawa ke sirkuit. Harus setting sesuai bobot rider. Tetapi flick di S kecil rasanya ringan seperti mocil (motor kecil),” tambah Bro Ron.

Dijual Rp 2,5 miliar off the road, motor yang diimpor hasil kolaborasi DuniaMotor dan Emotorsport ini akhirnya memang menjadi The Beast yang mudah untuk ditaklukkan. Gahar di luar memang–layaknya buaya, tapi serba tenang saat naik di atasnya.

DUNIAMOTOR
Jakarta Garden City,
Ruko The Avenue No 8055
Cakung, Jakarta Timur

TELEPON
0818 CALL DM (0818 2255 36)
0818 HALO DM (0818 4256 36)
0818 SHOP DM (0818 7467 36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *