Bimota Mesin Kawasaki H2 Bisa Dipesan di Indonesia? Motor 2 Swing Arm yang Cara Beloknya Unik

JAKARTA, DUNIAMOTOR.com – Sudah pernah lihat Bimota Tesi H2 atau Tera? Motor ini unik karena memakai 2 swing arm depan-belakang–sehingga cara belok roda depannya pun ajaib.

Apa sih keunggulan cara belok dengan sistem “hub-steer”–yang dipatenkan Bimota seperti ini?

Jadi, para prinsipnya, swing arm depan tersebut tetap hanya bisa naik-turun. Namun, bagian ujungnya memiliki mekanisme agar roda depan bisa belok atau pivot.

Nah, area pivot itu terhubung ke fork yang terhubung lagi ke atas dengan setang atau handlebar. Namun, di antara fork tadi dan setang terdapat sebuah mekanisme tekuk.

Dengan desain seperti ini, setang tidak langsung bertemu roda. Efeknya, rider tidak akan menghadapi tekanan balik dari fork roda depan–baik saat belok maupun saat mengerem.

Di sinilah keunggulannya, otot tangan rider jadi lebih rileks. Tapi rasanya diklaim tetap stabil, dan pengereman tingkat tinggi pun tidak akan membuat rider terayun ke depan atau “dive” karena teknologi ini diklaim adalah evolusi sejak Bimota menerapkannya di tahun 1991.

Dengan minimalnya tekanan saat menukik ketika mengerem, maka waktu pengereman (termasuk saat akan menghadapi belokan) bisa lebih terlambat–alias lebih late-braking.

Terlepas dari late-braking yang akan memberikan keuntungan andaikata motor ini turun dalam balapan seperti MotoGP (walau versi awalnya pernah diuji untuk itu), motor hub-steer ini secara berturut-turut hadir dalam dua tipe, yakni sport fairing Bimota Tesi H2 dan Bimota Tera H2.

Nah, H2 tidak lain berkaitan dengan mesin Kawasaki H2, mesin supercharger andalan Kawasaki 998 CC 4-cylinder berdaya 200 HP.

Kawasaki memang membeli 49,9% saham dari Bimota Italia dan diumumkan pada 2019 lalu. Sisa saham pun saat itu disebut masih milik Bimota Italia. Adapun “Kawasaki” di sini lebih tepatnya Kawasaki Motors Europe dan Kawasaki Heavy Industries.

Saat pameran EICMA 2019 dan EICMA 2023, tipe Bimota mesin H2 muncul berturut-turut, yakni model sport fairing Bimota Tesi H2 dan model adventure Bimota Tera H2. Munculnya bahkan di tempat pameran Kawasaki (lihat foto resmi EICMA).

Apakah Kawasaki di Indonesia pun bisa menjual Bimota Tesi H2, misalnya? Nah ini yang menarik.

“Bisa, tetapi nunggu dulu ya kepastiannya,” ujar salah satu petinggi di Kawasaki Motor Indonesia.

Berapa ya harganya? Situs resmi Bimota sendiri memberikan harga saran untuk wilayah Italia bagi Bimota Tesi H2 sebesar EUR 64.000 atau Rp 1,1 miliar. Jika masuk Indonesia dan terkena pajak, maka bisa saja hingga tiga kali lipatnya.

Baca:
SENA 50C, INTERKOM HELM & KAMERA…. PUNCAK DARI GEAR MOTOVLOG

Klik:
TES SENA 50C TERPASANG DI HELM SAAT BERMOTOR DI JALAN

Kontak
DUNIAMOTORCOM
Jakarta Garden City
Rukan Avenue #8055
Cakung, Jakarta Timur
13910

Telepon
021 2246 6076
0818 CALL DM (0818 2255 36)
0818 HALO DM (0818 4256 36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *